Langsung ke konten utama

Cara Membuat SplashScreen Pada Aplikasi Android Melalui Aide

Diartikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat splashscreen dari aplikasi AIDE.Splashscreen merupakan tampilan awal yang muncul dari suatu sistem sebelum masuk kemenu utama atau dalam kata lain Splashscreen merupakan tampilan yang dapat menggantikan proses loading, dan dapat ditentukan waktunya(lama tampilannya).
Berikut contoh screenshot dari splashscreen:

Sebenarnya fungsi dari splashscreen ini hanyalah sebagai pemanis atau pengindah dari aplikasi anda, tanpa splashscreen pun aplikasi anda masih tetap dapat dijalankan.Jadi jika anda ingin memperindah aplikasi buatan anda, anda dapat mengikuti langkah ini.Berikut adalah ringkasan tahap yang akan dilakukan nanti yaitu: Membuat file java(class) untuk splashscreen, Mengedit "AndroidManifest.xml" untuk mengatur splashscreen sebagai tampilan awal yang akan muncul ketika aplikasi tersebut dibuka.Disini saya membuatnya hanya dengan 3 tahap.

Oke, berikut langkah-langkahnya:


Alat dan Bahan:

  • Aplikasi AIDE
  • Sediakan gambar sebagai gambar splashscreenya (sediakan sesuai ukuran smartphone anda agar gambar tersebut tidak kabur).



Langkah-langkah:

(Ini dapat dilakukan pada aplikasi yang sudah pernah dibuat maupun aplikasi yang baru/ingin dibuat).

  1. Buka aplikasi AIDE.
  2. Buka proyek aplikasi anda(bagi yang ingin menambahakan splahscreen ke aplikasi yang sudah dia buat), atau buat proyek baru(For Expert -- Create New Project -- NewAndroid App).



Tahap 1 (splashscreen.java).

  1. Buat file java/class baru.Lihat gambar dibawah:

  2. Kemudian buat namanya "splashscreen".Lalu tekan tombol "ok".

  3. Maka hasilnya akan seperti ini:

  4. Kemudian tambahkan script ini:
    import android.os.*;
    import android.app.*;
    import android.content.*;
    import android.view.*;
    Tambahkan dibawah package(cym.app.aktivitas;).Maka hasilnya seperti ini:

  5. Kemudian ubah "public class splashscreen" menjadi "public class splashscreen extends Activity".Sehingga menjadi seperti ini:

  6. Lalu tambahkan script ini:
  7. static int lama_splash = 1777;
    Tambahkan kebawah "public class splashscreen extends Activity". Script ini berguna untuk mengatur lamanya splashscreen akan tampil, disini saya buat 1777.Anda dapat mengaturnya sesuai keinginan anda, semakin besar angkanya maka semakin lama splashscreen akan tampil.

  8. Kemudian tambahkan script ini dibawah script diatas.
  9. protected void onCreate (Bundle cym)
     
      Toast.makeText(this, "WELCOME", Toast.LENGTH_SHORT).show();

      super.onCreate(cym);
      this.requestWindowFeature(Window.FEATURE_NO_TITLE);
      getWindow().setFlags(WindowManager.LayoutParams.FLAG_FULLSCREEN, WindowManager.LayoutParams.FLAG_FULLSCREEN);
      setContentView(R.layout.splash);
      new Handler().postDelayed(new Runnable()
      {
       public void run()
       {
        Intent i = new Intent(splashscreen.this, MainActivity.class);
        startActivity(i);
        this.finish();
      

       private void finish()
      

      
      },lama_splash);
     };

  10. Jadi script lengkapnya (script splashscreen.java) adalah sebagai berikut:
  11. package   cym.app.aktivitas;

    import android.os.*;
    import android.app.*;
    import android.content.*;
    import android.view.*;

    public class Load extends Activity

     static int lama_splash =1777;
    protected void onCreate (Bundle cym)
     {
      Toast.makeText(this, "WELCOME", Toast.LENGTH_SHORT).show();
      super.onCreate(cym);
      this.requestWindowFeature(Window.FEATURE_NO_TITLE);
      getWindow().setFlags(WindowManager.LayoutParams.FLAG_FULLSCREEN, WindowManager.LayoutParams.FLAG_FULLSCREEN);
      setContentView(R.layout.splash);
      new Handler().postDelayed(new Runnable()
      {
       public void run()
       {
        Intent i = new Intent(splashscreen.this, MainActivity.class);
        startActivity(i);
        this.finish();
      

       private void finish()
      

      
      },lama_splash);
     };
    }

  12. Tahap "splashscreen.java" selesai.


Tahap 2 (splash.xml).

Disini anda harus sudah menyediakan gambar sesuai ukuran layar anda, kemudian pindahkan gambar tersebut ke res -- drawable-hdpi.Misalkan disini nama gambar tersebut adalah "gambarsplash.png".

  1. Buat file xml baru.Lihat gambar dibawah:
  2. Kemudian buat nama file tersebut sebagai "splash", kemudian tekan ok.
  3. Kemudian hapus semua script yang ada di splash.xml, dan ganti dengan script ini:
  4. <RelativeLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
        android:layout_width="fill_parent"
        android:layout_height="fill_parent"
        android:background="@drawable/gambarsplash">   

     <ProgressBar
      style="?android:attr/progressBarStylemedium"
      android:layout_height="wrap_content"
      android:gravity="center"
      android:layout_width="wrap_content"/>

    </RelativeLayout>

  5. Tahap "splash.xml" selesai.

Tahap 3 (AndroidManifest.xml).

Ditahap ini kita akan mengatur atau menjadikan "splashscreen.java" sebagai file java yang pertama dijalankan dan ditampilkan saat anda menekan tombol peluncur aplikasi atau membuka aplikasi.

  1. Buka AndroidManifest.xml, maka akan tampil script seperti ini:
  2. Kemudian hapus mulai script bagian "<application" sampai bagian "</application>".Dan ganti dengan script ini:
  3. <application
            android:allowBackup="true"
            android:icon="@drawable/ic_launcher"
            android:label="@string/app_name"
            android:theme="@style/AppTheme" >

            <activity
                android:name=".splashscreen"
                android:label="@string/app_name" >
                <intent-filter>
                    <action android:name="android.intent.action.MAIN" />
                    <category android:name="android.intent.category.LAUNCHER" />
                </intent-filter>
            </activity>

            <activity
                android:name=".MainActivity"
                android:label="@string/app_name">

            </activity>
        </application>

  4. Tahap "AndroidManifest.xml" selesai.
Jika semua tahap telah dilakukan, selanjutnya instal dan jalankan aplikasinya.


Trima Kasih telah membaca artikel ini, baca juga artikel lainnya dari blog ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengaktifkan Quick Scope Switch Dalam Game PUBG MOBILE

Ya Jumpa lagi di AKTIVITAS BLOG , dimana kali ini kita juga akan membahas mengenai game terpopuler abad sekarang yaitu PUBG MOBILE . Dimana yang kita bahas kali ini adalah CARA MENGAKTIFKAN QUICK SCOPE SWITCH DALAM GAME PUBG MOBILE . QUICK SCOPE SWITCH atau GANTI CEPAT TEROPONG BIDIK adalah Penggunaan tombol untuk mengganti scope/teropong bidik dengan cepat. Dimana nanti saat play game PUBGM ada tombol bulat yang jika ditekan akan memunculkan daftar scope/teropong bidik yang sudah diambil dan tinggal pilih yang mana yang ingin dipakai. Nah, jadi saat anda nanti bermain dan musuh berada sangat jauh ataupun dekat anda dapat mengubah scope anda tanpa perlu memasuki/menakan tombol tas lagi dan memindahkan scopenya, dengan tombol ini anda cukup menekannya dan langsung memilih scope mana yang mau anda pakai . Dengan begitu anda dapat menghemat waktu dan terjaga jika musuh datang/mendekat. Nah, sebagaimana yang kita tahu bahwa tombol/fitur quick scope ini baru muncul setelah update versi 0....

Cara Menurunkan Resolusi Layar Fujitsu F02H, F02G, F04G, dan lainnya

Ya kembali jumpa lagi semua di AKTIVITAS BLOG , Ya... seperti biasanya blog ini sekarang sudah jarang memposting artikel ya.., mungkin karena adminnya lagi sangat sibuk. :D. Oke, kali ini kita juga akan membahas mengenai salah satu cara menstabilkan kinerja smartphone murah namun bertenaga yaitu fujitsu . Dipostingan sebelum-sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara menghapus aplikasi bawaan(bloatware) dari handphone fujitsu ini , nah dengan cara itu kita sudah melihat hasilnya pada smartphone fujitsu kita, yaitu RAM terlihat lebih lega/bebas . Terlepas dari itu, masih ada(beberapa) masalah lagi yang terlihat meskipun kita sudah menghapus aplikasi bawaan smartphone fujitsu ini, yaitu panasnya yang sangat tidak netral ( jika digunakan hanya sosmed saja terasa panas ).  Memang smarphone berbekal snapdragon 800-810 itu memang panas namun panas yang kita maksud disini itu panas yang hanya dipakai sosial media saja. Masalah ini bukan lagi soal aplikasi bawaan, namun ini bersumber da...

Manfaat Perhitungan dan Komponen Pendapatan Nasional (Ekonomi)

Setelah mempelajari dan mengetahui tentang pengertian dan konsep-konsep Pendapatan Nasional, maka pembelajaran selanjutnya adalah pembahasan tentang manfaat dan komponen-komponen dari Pendapatan Nasional. Berikut penjelasannya.   Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional Menganalisis perkembangan pendapatan suatu negara dari tahun ke tahun. Mengetahui seberapa jauh/besar suatu negara dapat memakmurkan kondisi masyarakatnya (Mengetahui tingkat Kemakmuran suatu negara) . Mengetahui struktur perekonomian suatu negara, apakah negara tersebut berkategori negara agraris atau berkategori negara industri. Untuk membandingkan tingkat perekonomian suatu negara, suatu daerah, sehingga dapat diketahui tingkat perkembangannya. Untuk mengetahui sejauh mana penggunaan pendapatan masyarakat. Untuk melihat kemajuan perekonomian suatu negara. Untuk merumuskan kebijakan pemerintah/membantu pemerintah merumuskan kebijakan dibidang ekonomi dengan data yang telah tersedia. Sehingga dapat diambil kesimpula...