Langsung ke konten utama

Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia (Ekonomi)

Kita selaku manusia sebagai makhluk hidup pasti memiliki kebutuhan untuk menjalani kehidupan sehari-hari.Kebutuhan tersebut berguna untuk mempertahankan hidup dan kelangsungan hidup manusia dilingkungan masyarakat.Kebutuhan tersebut akan terpenuhi apabila manusia selalu berusaha dengan bekerja keras.Kebutuhan manusia ada bermacam-macam yaitu sebagai berikut:

A. Kebutuhan Menurut Intensitas Pemanfaatan. 

  1. Kebutuhan Primer.Menurut etimologi,kata "primer" berasal dari bahasa Latin yaitu "primus" yang artinya pertama.Jadi kebutuhan primer adalah kebutuhan pertama yang harus dipenuhi agar manusia dapat menjaga kelangsungan hidupnya.Yang termasuk kebutuhan primer antara lain makanan dan minuman, pakaian, rumah, pendidikan dan kesehatan. 
  2. Kebutuhan Sekunder.Kebutuhan ini muncul setelah terpenuhinya/tercapainya kebutuhan pertama(primer).Kata "sekunder" juga berasal dari bahasa latin yaitu "sekundus" yang artinya kedua.Orang yang sudah memiliki rumah secara otomatis pasti akan membutuhkan perabot untuk mengisi dan melengkapi rumahnya tersebut, jadi perabot rumah tangga dapat dikatakan sebagai kebutuhan sekunder.Setelah kebutuhan primer terpenuhi manusia akan cenderung memenuhi kebutuhan sekundernya guna meningkatkan kenyamanan dan kesejahteraan hidupnya. 
  3. Kebutuhan Tersier.Kata "tersier" berasal dari kata "tertius" (bahasa Latin) yang artinya ketiga.Kebutuhan ini juga muncul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan sekunder.Kebutuhan ini disebut juga sebagai Kebutuhan kemewahan, misalnya mobil, perhiasan, dan juga berwisata.Kebutuhan ini dipenuhi guna untuk menjaga prestise seseorang ditengah lingkungan masyarakat.Batas-batas kebutuhan primer, sekunder, dan tersier untuk setiap orang tidaklah sama.Hal tersebut tergantung pada kedudukan dan strata ekonomi orang tersebut didalam masyarakat.Bagi orang yang berada di taraf ekonomi rendah berlian dan mutiara merupakan kebutuhan tersier atau kemewahan, namun bagi orang yang bertaraf ekonomi tinggi (artis,dan sebagainya) berlian dan mutiara merupakan kebutuhan primer yang berguna untuk menunjang penampilannya. 

B. Kebutuhan Menurut Sifatnya. 

  1. Kebutuhan Jasmani.Sesuai dengan namanya,kebutuhan ini terkait dengan fisik kita.Agar kelangsungan hidup kita terjaga,kita perlu memperhatikan kebutuhan fisik kita seperti: makanan dan minuman yang bergizi, pakaian dan istirahat yang cukup, itu semua berguna untuk kesehatan jasmani kita agar tetap terjaga dan layak dalam pergaulan bermasyarakat.Saat ini khususnya di daerah perkotaan sudah banyak tersedia tempat-tempat untuk merawat badan/fisik kita contohnya pusat kebugaran, salon perawatan tubuh, dan sebagainya.Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan jasmani sudah sangat diperhatikan pemenuhannya. 
  2. Kebutuhan Rohani.Pemenuhan kebutuhan jasmani belum menjamin seseorang akan merasa bahagia,nyaman,dan sejahtera.Sudah banyak terjadi kisah-kisah yang menceritakan orang yang kaya namun selalu merasa tidak nyaman, dan sedih.Hal ini membuktikan bahwa bukan hanya kebutuhan jasmani saja yang harus dipenuhi atau diperhatikan tetapi juga kebutuhan rohani.Yang termasuk kebutuhan rohani adalah beribadah, berekreasi, membaca buku, berbagi dengan sesama, dan sebagainya. 

C. Kebutuhan Menurut Subjeknya.

  1. Kebutuhan Perseorangan.Kebutuhan ini merupakan kebutuhan yang ditunjukkan kepada individu, sehingga membuat suatu individu berbeda dengan individu lain.Kebutuhan seorang petani berbeda dengan kebutuhan seorang dokter.Petani memerlukan cangkul, pupuk, traktor, pestisida, dan benih tanaman, sedangkan dokter memerlukan jarum suntik, infuse, stetoskop, dan obat-obatan. 
  2. Kebutuhan Kolektif/bersama.Kebutuhan ini bermanfaat untuk kepentingan masyarakat secara bersama-sama.Misalnya pasar, jalan raya, jembatan, puskesmas, tempat ibadah, dan sebagainya. 

D. Kebutuhan Menurut Waktunya. 

  1. Kebutuhan Sekarang.Kebutuhan ini pemenuhannya tidak dapat ditunda lagi pemenuhannya, harus sekarang.Jika ditunda bisa berakibat fatal.Misalnya seorang yang telah mengalami kecelakaan dengan pendarahan hebat harus segera mendapatkan tambahan darah agar jiwanya tidak terancam. 
  2. Kebutuhan yang akan datang.Kebutuhan ini merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan dikemudian hari/ masa yang akan datang.Kebutuhan ini berhubungan dengan persediaan atau persiapan untuk yang akan datang.Contohnya adalah menabung, ikut program asuransi, dan lain sebagainya. 

E. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebutuhan.
Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan yang berbeda, hal ini disebabkan karena setiap individu memiliki sifat yang berbeda-beda dengan individu lainnya.Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia antara lain:
  1. Keadaan Alam.Kebutuhan seseorang dapat berbeda-beda karena keadaan alam, kebutuhan orang yang tinggal didaerah kutub berbeda dengan kebutuhan orang yang tinggal didaerah tropis.Orang yang tinggal didaerah kutub memerlukan pakaian yang tebal untuk menghangatkan tubuh mereka dari hawa dingin, sedangkan orang yang tinggal didaerah tropis memerlukan pakaian yang menyerap keringat dan berbahan tipis. Dari contoh diatas terlihat jelas bahwa keadaan alam sangat mempengaruhi kebutuhan manusia, pemenuhan kebutuhan ini bertujuan agar manusia tetap dapat mempertahankan rasa nyaman tinggal dilingkungan tempat tinggalnya. 
  2. Peradaban.Pada zaman purba manusia belum membutuhkan televisi, saat itu kebutuhan yang menjadi prioritas adalah kebutuhan primer, yakni terkait dengan makanan dan minuman, pakaian, dan tempat tinggal.Sebagai contoh untuk pemenuhan kebutuhan makanan dan pakaian dapat diperoleh dari hutan, yaitu makanan diperoleh dari hasil buruan dan bercocok tanam sedangkan pakaian diperoleh dari kulit binatang buruan tersebut.Namun seiring perkembangan peradaban, berkembang juga kebutuhan manusia. Dizaman ini jika tidak ada televisi serasa masih ada yang kurang, bukan hanya televisi, sederet kebutuhan lain seperti telepon seluler, labtop, internet sudah harus dipenuhi, karena hal tersebut berguna untuk memudahkan manusia dalam bereaktivitas dan berkomunikasi. 
  3. Adat Istiadat.Masyarakat diberbagai belahan dunia memiliki adat atau tradisi yang beragam.Hal ini menimbulkan pola perilaku dan kebiasaan yang beragam pula, sehingga muncul berbagai kebutuhan untuk melestarikan adat ataupun kebiasaan tersebut. Misalnya di Indonesia, terdapat banyak sekali sekali tata upacara perkawinan, dan kelahiran.Di daerah tertentu ada yang mensyaratkan kembang, gemelan, tari-tarian, hiasan janur sebagai kelengkapan tradisi.Mungkin didaerah lain berbeda untuk jenis barang dan jasa kebutuhan dalam upacara perkawinan. 
  4. Agama dan Kepercayaan.Keberadaan agama yang bermacam-macam dan kepercayaan yang berbeda mengakibatkan perbedaan kebutuhan pula.Bagi yang menganut agama Islam dilarang untuk memakan daging babi, sedangkan penganut Hindu dilarang untuk memakan daging sapi.Terkait dengan perlengkapan ibadah, masing-masing agama memiliki alat tertentu untuk perlengkapan ibadahnya. Adanya perayaan keagamaan meningkatkan permintaan terhadap barang tertentu.Ketika Natal tiba permintaan akan pohon Natal meningkat, saat Tahun Baru Imlek tiba permintaan akan kue keranjang akan meningkat, demikian pula saat lebaran permintaan akan ketupan dan daging akan meningkat. 

Trima Kasih telah membaca artikel ini, baca juga artikel lainnya dari blog ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendaftar UTBK Terlengkap

Hallo sobat Kelas 12 maupun yang sudah tamat sebelumnya, hari yang dinanti-nanti akan segera datang kepada anda semua, yaitu pelaksanaan UTBK SBMPTN (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) .   Jika melihat sebelumnya kita semua tahu bahwa nama sebelumnya adalah UTBC SBMPTN (Ujian Tulis Berbasis Cetak). Dari namanya saja sudah terdapat perbedaan ya kan?.. Perbedaan terssebut mencakup berbagai perubahan dari pelaksanaannya seperti : UTBC SBMPTN menggunakan Lembar Jawaban (LJK), sedangkan UTBK SBMPTN menggunakan Komputer.  UTBC SBMPTN hanya 1 kali pelaksanaan, sedangkan UTBK SBMPTN dilakukan 2 kali pelaksanaan (jadi kesempatan anda lebih besar, namun jika ingin mengikuti dua kali, maka bayarnya juga 2 kali.  UTBC SBMPTN melakukan TPA (Tes Potensi Akademik), UTBK SBMPTN melakukan TPS (Tes Potensi Skolastik).  Mungkin itu saja sedikit tentang perbedaannya. Oke langsung saja kecara mendaftarnya...  Cara Mendaftar UTBK  Yang Pertama adalah silahkan anda buka situs resmi pendaftarannya disini , se

Cara Mengaktifkan Quick Scope Switch Dalam Game PUBG MOBILE

Ya Jumpa lagi di AKTIVITAS BLOG , dimana kali ini kita juga akan membahas mengenai game terpopuler abad sekarang yaitu PUBG MOBILE . Dimana yang kita bahas kali ini adalah CARA MENGAKTIFKAN QUICK SCOPE SWITCH DALAM GAME PUBG MOBILE . QUICK SCOPE SWITCH atau GANTI CEPAT TEROPONG BIDIK adalah Penggunaan tombol untuk mengganti scope/teropong bidik dengan cepat. Dimana nanti saat play game PUBGM ada tombol bulat yang jika ditekan akan memunculkan daftar scope/teropong bidik yang sudah diambil dan tinggal pilih yang mana yang ingin dipakai. Nah, jadi saat anda nanti bermain dan musuh berada sangat jauh ataupun dekat anda dapat mengubah scope anda tanpa perlu memasuki/menakan tombol tas lagi dan memindahkan scopenya, dengan tombol ini anda cukup menekannya dan langsung memilih scope mana yang mau anda pakai . Dengan begitu anda dapat menghemat waktu dan terjaga jika musuh datang/mendekat. Nah, sebagaimana yang kita tahu bahwa tombol/fitur quick scope ini baru muncul setelah update versi 0.

Cara Menurunkan Resolusi Layar Fujitsu F02H, F02G, F04G, dan lainnya

Ya kembali jumpa lagi semua di AKTIVITAS BLOG , Ya... seperti biasanya blog ini sekarang sudah jarang memposting artikel ya.., mungkin karena adminnya lagi sangat sibuk. :D. Oke, kali ini kita juga akan membahas mengenai salah satu cara menstabilkan kinerja smartphone murah namun bertenaga yaitu fujitsu . Dipostingan sebelum-sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara menghapus aplikasi bawaan(bloatware) dari handphone fujitsu ini , nah dengan cara itu kita sudah melihat hasilnya pada smartphone fujitsu kita, yaitu RAM terlihat lebih lega/bebas . Terlepas dari itu, masih ada(beberapa) masalah lagi yang terlihat meskipun kita sudah menghapus aplikasi bawaan smartphone fujitsu ini, yaitu panasnya yang sangat tidak netral ( jika digunakan hanya sosmed saja terasa panas ).  Memang smarphone berbekal snapdragon 800-810 itu memang panas namun panas yang kita maksud disini itu panas yang hanya dipakai sosial media saja. Masalah ini bukan lagi soal aplikasi bawaan, namun ini bersumber dari R