Langsung ke konten utama

Pengertian dan Macam-Macam Permintaan (Ekonomi)

Di artikel kali ini kita akan membahas tentang Pengertian dan Macam-macam Permintaan.
Pengertian dan Macam-macam Permintaan

1.Pengertian Permintaan.

Pengertian "permintaan" dalam bahasa sehari-hari sedikit berbeda dengan pengertian permintaan dalam ekonomi. Dalam pengertian sehari-hari permintaan diartikan sebagai "jumlah barang yang dibutuhkan atau diinginkan oleh konsumen".

Namun dalam pengertian ekonomi permintaan diartikan lebih jauh lagi yaitu "tidak hanya sekedar keinginan dari konsumen, tetapi dibarengi dengan dipenuhinya keinginan tersebut sampai pada taraf kebutuhan, berarti memerlukan dukungan oleh daya beli".

Dari uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang mampu dibeli oleh konsumen/pelanggan pada berbagai kemungkinan harga selama periode tertentu dalam anggapan bahwa faktor-faktor lainnya dianggap tetap (ceteris paribus).
periode waktu tertentu tersebut dapat 1 hari, 1 bulan, 1 tahun, atau periode waktu lainnya.

2.Macam-Macam Permintaan.

Konsep permintaan dapat dibedakan atas daya beli konsumen :

  • Permintaan Potensial (Potensial Demand).
  • Permintaan Potensial adalah Permintaan yang hanya didasari oleh keinginan konsumen dan tanpa (belum) didukung oleh daya beli (pemenuhan). Keinginan tanpa daya beli hanya mengarah pada kemauan bukan pada permintaan.  
  • Permintaan Efektif (Effective Demand).
  • Permintaan Efektif adalah permintaan yang didasari oleh keinginan dan disertai oleh kekuatan untuk membeli (pemenuhan). 

Pembagian lain, permintaan dapat dibedakan dari jumlah pemintanya :

  • Permintaan Individual (Pribadi).
  • Permintaan Individual adalah permintaan yang berasal dari perseorangan atau individu. Permintaan ini dipengaruhi oleh nilai yang dikaitkan dengan perolehan dan penggunaan barang jasa yang bersangkutan serta kemampuan untuk memperolehnya. 
  • Permintaan Pasar.
  • Permintaan Pasar adalah penjumlahan gabungan dari permintaan-permintaan individual/pribadi yang ada di pasar tersebut.
Itulah penjelasan mengenai Pengertian dan Macam-macam Permintaan.


Terima Kasih telah membaca artikel ini, baca juga artikel lainnya melalui blog ini ya.....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mendaftar UTBK Terlengkap

Hallo sobat Kelas 12 maupun yang sudah tamat sebelumnya, hari yang dinanti-nanti akan segera datang kepada anda semua, yaitu pelaksanaan UTBK SBMPTN (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) .   Jika melihat sebelumnya kita semua tahu bahwa nama sebelumnya adalah UTBC SBMPTN (Ujian Tulis Berbasis Cetak). Dari namanya saja sudah terdapat perbedaan ya kan?.. Perbedaan terssebut mencakup berbagai perubahan dari pelaksanaannya seperti : UTBC SBMPTN menggunakan Lembar Jawaban (LJK), sedangkan UTBK SBMPTN menggunakan Komputer.  UTBC SBMPTN hanya 1 kali pelaksanaan, sedangkan UTBK SBMPTN dilakukan 2 kali pelaksanaan (jadi kesempatan anda lebih besar, namun jika ingin mengikuti dua kali, maka bayarnya juga 2 kali.  UTBC SBMPTN melakukan TPA (Tes Potensi Akademik), UTBK SBMPTN melakukan TPS (Tes Potensi Skolastik).  Mungkin itu saja sedikit tentang perbedaannya. Oke langsung saja kecara mendaftarnya...  Cara Mendaftar UTBK  Yang Pertama adalah silahkan anda buka situs resmi pendaftarannya disini , se

Cara Mengaktifkan Quick Scope Switch Dalam Game PUBG MOBILE

Ya Jumpa lagi di AKTIVITAS BLOG , dimana kali ini kita juga akan membahas mengenai game terpopuler abad sekarang yaitu PUBG MOBILE . Dimana yang kita bahas kali ini adalah CARA MENGAKTIFKAN QUICK SCOPE SWITCH DALAM GAME PUBG MOBILE . QUICK SCOPE SWITCH atau GANTI CEPAT TEROPONG BIDIK adalah Penggunaan tombol untuk mengganti scope/teropong bidik dengan cepat. Dimana nanti saat play game PUBGM ada tombol bulat yang jika ditekan akan memunculkan daftar scope/teropong bidik yang sudah diambil dan tinggal pilih yang mana yang ingin dipakai. Nah, jadi saat anda nanti bermain dan musuh berada sangat jauh ataupun dekat anda dapat mengubah scope anda tanpa perlu memasuki/menakan tombol tas lagi dan memindahkan scopenya, dengan tombol ini anda cukup menekannya dan langsung memilih scope mana yang mau anda pakai . Dengan begitu anda dapat menghemat waktu dan terjaga jika musuh datang/mendekat. Nah, sebagaimana yang kita tahu bahwa tombol/fitur quick scope ini baru muncul setelah update versi 0.

Cara Menurunkan Resolusi Layar Fujitsu F02H, F02G, F04G, dan lainnya

Ya kembali jumpa lagi semua di AKTIVITAS BLOG , Ya... seperti biasanya blog ini sekarang sudah jarang memposting artikel ya.., mungkin karena adminnya lagi sangat sibuk. :D. Oke, kali ini kita juga akan membahas mengenai salah satu cara menstabilkan kinerja smartphone murah namun bertenaga yaitu fujitsu . Dipostingan sebelum-sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara menghapus aplikasi bawaan(bloatware) dari handphone fujitsu ini , nah dengan cara itu kita sudah melihat hasilnya pada smartphone fujitsu kita, yaitu RAM terlihat lebih lega/bebas . Terlepas dari itu, masih ada(beberapa) masalah lagi yang terlihat meskipun kita sudah menghapus aplikasi bawaan smartphone fujitsu ini, yaitu panasnya yang sangat tidak netral ( jika digunakan hanya sosmed saja terasa panas ).  Memang smarphone berbekal snapdragon 800-810 itu memang panas namun panas yang kita maksud disini itu panas yang hanya dipakai sosial media saja. Masalah ini bukan lagi soal aplikasi bawaan, namun ini bersumber dari R