Langsung ke konten utama

Penyelesaian Java Aide: 6.Variables

Variables, merupakan tahap keenam dalam pembelajaran java melalui aplikasi Aide. Tahap pelajaran ini tidaklah sulit untuk dilakukan atau diselesaikan, ditahap ini kita diajarkan untuk menggunakan variabel, seperti dalam matematika defenisi dari variabel adalah sebagai berikut:
Variabel merupakan lambang pengganti suatu bilangan yang belum diketahui nilainya dengan jelas, atau variabel disebut juga sebagai pengubah yang biasanya dilambangkan dengan huruf kecil. Contoh: a, b, c, d,..., x, y, z.

Namun, Variabel dalam pemograman/pengembang sedikit berbeda dengan yang ada dimatematika, perbedaannya adalah jika di matematika, variabel disebut sebagai lambang pengganti atau pengubah dari suatu bilangan yang belum diketahui nilainya. Sedangkan di pemograman, variabel merupakan lambang pengganti atau pengubah suatu bilangan ataupun method yang belum maupun sudah diketahui nilainya. Pada pemograman, variable biasanya didahului (pertama harus ditulis) oleh kata "int", kemudian dimasukkan atau diketikkan lambang penggati/pengubahnya (huruf kecil). Sehingga hasilnya/penulisannya dapat berupa seperti dibawah ini: 
  • int a; 
  • int a = 2; 
  • int a = 2 + 3; 
  • Dan sebagainya.

Nah, jika anda telah mengetahui pengertian dari variabel dalam pemograman, kita akan lanjutkan pelajaran kita kali ini.
Oke langsung saja.



Langkah-langkah:

  1. Buka aplikasi Aide, kemudian pilih/masuk kebagian learn "java" dan pilih pelajaran ke-enam yaitu variables . Maka akan muncul script pertama yaitu seperti ini:  
  2. public class Main

     public static void main(String[] args)
     {
      int i = 10;
      System.out.println(i);
     
    }
    Dibagian/tahap ini anda hanya disuruh untuk menekan tombol bergambar "mata", kemudian tekan tombol "run" untuk melihat hasilnya. Hasilnya hanyalah akan muncul angka 10.
  3. Kemudian tekan tombol "Next Exercise", maka akan muncul script yang sama seperti script diatas, yaitu seperti ini:
  4. public class Main

     public static void main(String[] args)
     {
      int i = 10;
      System.out.println(i);
     
    }
    Nah, ditahap ini anda disuruh untuk mengubah angka 10 menjadi angka 20 dalam variabel i , setelah anda mengubahnya maka scriptnya menjadi seperti ini:
    public class Main

     public static void main(String[] args)
     {
      int i = 20;
      System.out.println(i);
     
    }
    Setelah scriptnya menjadi seperti diatas, selanjutnya anda tekan tombol "run" untuk melihat hasilnya. Hasilnya adalah muncul angka 20.
  5. Kemudian anda tekan tombol "Next Exercise", maka akan muncul script baru seperti dibawah ini:
  6. public class Main

     public static void main(String[] args)
     {
      int i = 10;
      System.out.println(I);
     
    }
    Nah, didalam script tersebut(diatas) terdapat satu kesalahan sehingga jika dijalankan script tersebut, maka script tersebut akan eror/tidak dapat dijalankan, kesalahannya adalah dibagian: System.out.println(I);  , nah discript tersebut variable yang isinya ingin ditampilkan adalah I (huruf besar), sedangkan variable yang benar/yang dapat ditampilkan adalah i (huruf kecil). Jadi solusinya adalah anda ubah huruf  "I"  (besar) yang terdapat di script: System.out.println(I);    , menjadi huruf "i" (kecil). Sehingga scriptnya menjadi seperti ini:
    public class Main

     public static void main(String[] args)
     {
      int i = 10;
      System.out.println(i);
     
    }
    Kemudian anda tekan tombol "run" untuk melihat hasilnya. Hasilnya adalah tetap muncul angka 20, karena tidak ada nilai dari variabel yang diubah.
  7. Selanjutnya anda tekan tombol "Next Exercise", maka akan muncul script baru yaitu seperti ini:
  8. public class Main

     public static void main(String[] args)
     {
      int i = 20;
      System.out.println(i);
      int j = 10;
      System.out.println(j);
      int k = i + j;
      System.out.println(k);
     
     
    }
    Dilihat dari script diatas ternyata sudah ditambahkan 2 variabel baru yaitu: variabel j , dan variabel k . Dimana j memiliki nilai 10, dan k merupakan hasil dari:  i(20) + j(10). Ditahap ini disuruh untuk menekan tombol bergambar "mata" kemudian tekan tombol "run" untuk melihat hasilnya. Hasilnya adalah muncul angka 20, 10, 30 (secara berurut kebawah).
  9. Kemudian anda tekan tombol "Next Exercise", maka akan muncul script yang sama seperti diatas, yaitu:
  10. public class Main

     public static void main(String[] args)
     {
      int i = 20;
      System.out.println(i);
      int j = 10;
      System.out.println(j);
      int k = i + j;
      System.out.println(k);
     
     
    }
    Namun ditahap ini kita disuruh untuk membuat variabel baru dan menampilkannya. Variabel yang akan dibuat adalah x ,dan isinya/nilainya adalah i * j   (variabel i dikali variabel j), kemudian masukkan variabel x ke script: System.out.println(); . Jadi script yang ingin/akan ditambahkan adalah seperti ini:
      int x = i * j;
      System.out.println(x);
    Tambahkan script diatas kebawah: System.out.println(k);   , sehingga script lengkapnya menjadi seperti ini:
    public class Main

     public static void main(String[] args)
     {
      int i = 20;
      System.out.println(i);
      int j = 10;
      System.out.println(j);
      int k = i + j;
      System.out.println(k);
      int x = i * j;
      System.out.println(x);
     
    }
    Kemudian anda tekan tombol "run" untuk melihat hasilnya. Hasilnya adalah muncul angka: 20, 10, 30, 200 secara vertikal(berurut kebawah).
  11. Selanjutnya tekan tombol "Next Exercise" maka akan muncul script yang sama seperti diatas, namun ditahap ini anda hanya disuruh untuk mengganti nilai dari variabel i yang tadinya bernilai 20, kemudian diganti menjadi 500. Sehingga scriptnya menjadi seperti ini:
  12. public class Main

     public static void main(String[] args)
     {
      int i = 500;
      System.out.println(i);
      int j = 10;
      System.out.println(j);
      int k = i + j;
      System.out.println(k);
      int x = i * j;
      System.out.println(x);
     
    }
    Setelah itu anda tekan tombol "run" untuk melihat hasilnya. Hasilnya adalah muncul angka: 500, 10, 510, 5000  secara vertical(berurut kebawah)
  13. Kemudian tekan tombol "Next Exercise", dan selesai.... Tahap 6.Variables sudah selesai, mudah bukan?. Untuk screenshotnya lihat dibagian atas.

Trima Kasih telah membaca artikel ini, baca juga artikel lainnya dari blog ini ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengaktifkan Quick Scope Switch Dalam Game PUBG MOBILE

Ya Jumpa lagi di AKTIVITAS BLOG , dimana kali ini kita juga akan membahas mengenai game terpopuler abad sekarang yaitu PUBG MOBILE . Dimana yang kita bahas kali ini adalah CARA MENGAKTIFKAN QUICK SCOPE SWITCH DALAM GAME PUBG MOBILE . QUICK SCOPE SWITCH atau GANTI CEPAT TEROPONG BIDIK adalah Penggunaan tombol untuk mengganti scope/teropong bidik dengan cepat. Dimana nanti saat play game PUBGM ada tombol bulat yang jika ditekan akan memunculkan daftar scope/teropong bidik yang sudah diambil dan tinggal pilih yang mana yang ingin dipakai. Nah, jadi saat anda nanti bermain dan musuh berada sangat jauh ataupun dekat anda dapat mengubah scope anda tanpa perlu memasuki/menakan tombol tas lagi dan memindahkan scopenya, dengan tombol ini anda cukup menekannya dan langsung memilih scope mana yang mau anda pakai . Dengan begitu anda dapat menghemat waktu dan terjaga jika musuh datang/mendekat. Nah, sebagaimana yang kita tahu bahwa tombol/fitur quick scope ini baru muncul setelah update versi 0....

Cara Menurunkan Resolusi Layar Fujitsu F02H, F02G, F04G, dan lainnya

Ya kembali jumpa lagi semua di AKTIVITAS BLOG , Ya... seperti biasanya blog ini sekarang sudah jarang memposting artikel ya.., mungkin karena adminnya lagi sangat sibuk. :D. Oke, kali ini kita juga akan membahas mengenai salah satu cara menstabilkan kinerja smartphone murah namun bertenaga yaitu fujitsu . Dipostingan sebelum-sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara menghapus aplikasi bawaan(bloatware) dari handphone fujitsu ini , nah dengan cara itu kita sudah melihat hasilnya pada smartphone fujitsu kita, yaitu RAM terlihat lebih lega/bebas . Terlepas dari itu, masih ada(beberapa) masalah lagi yang terlihat meskipun kita sudah menghapus aplikasi bawaan smartphone fujitsu ini, yaitu panasnya yang sangat tidak netral ( jika digunakan hanya sosmed saja terasa panas ).  Memang smarphone berbekal snapdragon 800-810 itu memang panas namun panas yang kita maksud disini itu panas yang hanya dipakai sosial media saja. Masalah ini bukan lagi soal aplikasi bawaan, namun ini bersumber da...

Manfaat Perhitungan dan Komponen Pendapatan Nasional (Ekonomi)

Setelah mempelajari dan mengetahui tentang pengertian dan konsep-konsep Pendapatan Nasional, maka pembelajaran selanjutnya adalah pembahasan tentang manfaat dan komponen-komponen dari Pendapatan Nasional. Berikut penjelasannya.   Manfaat Perhitungan Pendapatan Nasional Menganalisis perkembangan pendapatan suatu negara dari tahun ke tahun. Mengetahui seberapa jauh/besar suatu negara dapat memakmurkan kondisi masyarakatnya (Mengetahui tingkat Kemakmuran suatu negara) . Mengetahui struktur perekonomian suatu negara, apakah negara tersebut berkategori negara agraris atau berkategori negara industri. Untuk membandingkan tingkat perekonomian suatu negara, suatu daerah, sehingga dapat diketahui tingkat perkembangannya. Untuk mengetahui sejauh mana penggunaan pendapatan masyarakat. Untuk melihat kemajuan perekonomian suatu negara. Untuk merumuskan kebijakan pemerintah/membantu pemerintah merumuskan kebijakan dibidang ekonomi dengan data yang telah tersedia. Sehingga dapat diambil kesimpula...